KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA KRISTIN FLORIST)
Keywords:
Kepuasan Pelanggan, Promosi Penjualan, Kualitas Layanan, Kualitas ProdukAbstract
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah kelompok usaha yang dijalankan oleh badan usaha, individu maupun rumah tangga yang bersifat kecil. Berdasarkan data dari Online Data Sistem (ODS) jumlah UMKM di kota Batam sebesar 81.575 UMKM, dengan berbagai jenis bidang usaha yang dijalankan. Contoh bisnis UMKM seperti usaha dibidang kuliner, fashion, kerajinan tangan, agribisnis, toko kelontong, salon dan lain-lain. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan promosi penjualan terhadap kepuasan pelanggan dengan studi kasus Kristin Florist. Pengambilan sampel sebanyak 100 responden yang diperoleh melalui kuesioner. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengujian instrumen dilakukan menggunakan SmartPLS 4. Hasil penelitian menemukan bahwa kualitas produk dan kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan, promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.