https://journal.uvers.ac.id/index.php/fbr/issue/feedFortunate Business Review2024-11-30T00:00:00+00:00Ibnu Harris[email protected]Open Journal Systems<p>FBR: Fortunate Business Review</p>https://journal.uvers.ac.id/index.php/fbr/article/view/236ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PIUTANG USAHA DALAM MEMINIMALKAN PIUTANG TAK TERTAGIH PADA PT. MANUNGGAL PRIMA SEJAHTERA2024-11-27T12:59:11+00:00Widyana[email protected]Ni Putu Winda Ayuningtyas[email protected]<p><em>Penjualan secara kredit menjadi suatu kebutuhan bagi perusahaan untuk dapat meningkatkan volume penjualan. Dengan adanya penjualan secara kredit, maka akan muncul piutang usaha dan dengan munculnya piutang usaha tersebut berarti perusahaan harus menyisihkan sejumlah dana yang akan diinvestasikan ke dalam piutang tersebut. Oleh karena itu penanganannya memerlukan perlakuan yang sangat khusus sehingga kerugian atas piutang tak tertagih dapat dihindari. Pengelolaan piutang sebagian besar dipengaruhi oleh kebijakan kredit dan prosedur penagihan terhadap piutang itu sendiri. Salah satu kebijakan atau prosedur penagihan piutang usaha atas penjualan secara kredit adalah memerlukan pengendalian internal untuk meminimalkan jumlah piutang yang tak tertagih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem pengendalian internal piutang dalam meminimalkan piutang tak tertagih pada PT. Manunggal Prima Sejahtera berdasarkan komponen pengendalian COSO Internal Control Framework. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal piutang usaha dalam meminimalkan piutang tak tertagih pada PT. Manunggal Prima Sejahtera sudah efektif. Namun masih terdapat beberapa ketidaksesuaian antara praktik pelaksanaan sistem pengendalian internal piutang usaha dalam meminimalkan piutang tak tertagih pada PT. Manunggal Prima Sejahtera dengan berdasarkan komponen COSO.</em></p>2024-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Fortunate Business Reviewhttps://journal.uvers.ac.id/index.php/fbr/article/view/247PENGARUH PENDAPATAN, JENIS PROFESI, USIA DAN PENDIDIKAN KALANGAN PEKERJA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ASURANSI KESEHATAN DI BATAM2024-11-27T13:00:44+00:00Andrie Prasetyo Ade[email protected]Afrianti Elsye Vanomy[email protected]<p><em>Setiap orang tidak pernah lepas dari masalah dan resiko, yang pada akhirnya dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Sehingga tindakan pencegahan akan resiko menjadi penting, salah satunya adalah dengan keikutsertaan dalam asuransi. Namun masyarakat di Indonesia masih banyak yang tidak memiliki asuransi sehingga, penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui google form kepada 35 nasabah asuransi perusahaan swasta dengan teknik random sampling dengan metode kuantitatif dan penelitian kepustakaan (library research) berfokus pada faktor penghasilan, profesi, usia, dan pendidikan yang mempengaruhi keputusan masyarakat dalam berpartisipasi dalam asuransi. Pengolahan data penelitian menggunakan SPSS versi 21. Metode analisis penelitiannya menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda, hasil uji f penelitian ini menunjukan bahwa variabel independen secara simultan mempunyai pengaruh terhadap variabel dependen. Selanjutnya, hasil uji T menunjukan bahwa Pendapatan, Jenis Profesi, Usia dan pendidikan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Asuransi Kesehatan. Dalam penelitian ini, jenis profesi merupakan variabel yang paling berpengaruh signifikan</em></p> <p> </p>2024-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Fortunate Business Reviewhttps://journal.uvers.ac.id/index.php/fbr/article/view/249PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI MENJADIKAN GEN Z LEBIH BERANI BERPENDAPAT DALAM DUNIA MAYA2024-11-27T13:01:41+00:00Ibnu Harris[email protected]Dewi Kumalasari[email protected]<p>The background to this research is that generation Z is a generation that is familiar with the use of digital and communication technology, such as social media, so it does not rule out the tendency for generation Z to become brand evangelists. This research contributes to extracting information in creating effective communication with Generation Z who are often considered to stutter in public, thereby further empowering them with appropriate technological interactions. The method used in this research is a quantitative approach with a total of 107 respondents from generation Z in Batam City. Respondents in this study were selected using a non-probability sampling method with purposive sampling technique. The research data were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) assisted by the IBM Amos version 26 application. The results of this research reveal that perceived usefulness influences the tendency of Generation Z in Batam City to become brand evangelists, while perceived ease of use has no influence.</p>2024-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Fortunate Business Review