Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen Marketplace Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Terbuka)

Penulis

  • Zahra Nurhaliza
  • Mochammad Nugraha Reza Pradana Universitas Universal

Kata Kunci:

Minat beli, Harga, Kualitas Produk, Marketplace, E-commerce

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana faktor harga dan juga kualitas pada produk berpengaruh minat beli konsumen pada platform Shopee, dengan fokus pada mahasiswa Universitas Terbuka angkatan 2022 sebagai subjek penelitian. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kuantitatif menggunakan 100 orang sebagai responden yang diseleksi melalui purposive sampling. Pada penelitian ini ditemukan hasil yang menunjukkan bahwa suatu harga dan kualitas pada suatu produk memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat beli konsumen di marketplace Shopee. Demikian dapat disimpulkan bahwa harga dan kualitas pada produk menjadi unsur penting yang memengaruhi minat beli konsumen saat menggunakan platform Shopee khususnya dikalangan mahasiswa. Temuan ini diharapkan dapat membantu para pelaku usaha atau e-commerce dalam merancang strategi pemasaran mereka pada sebuah marketplace serta menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya mengenai perilaku konsumen di era digital dengan faktor yang sama.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30