PENYEDERHANAAN KAIDAH STRICT COUNTERPOINT SEBAGAI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTRAPUNG DI PRODI S-1 SENI MUSIK UNIVERSITAS UNIVERSAL
Kata Kunci:
Kontrapung ketat, pendekatan pembelajaran kontrapung, kontrapung spesies, kontrapung BachAbstrak
Pendidikan musik atau seni pada hakikatnya merupakan pendidikan kreatif. Kontrapung merupakan salah satu mata kuliah inti musik (musical core subject) yang mencerminkan pendidikan kreatif, mahasiswa memerlukan aktivitas kreatif dalam proses memahaminya. Latar belakang mahasiswa yang bervariasi dan tidak semuanya fokus dalam ruang lingkup musik menimbulkan beberapa kesenjangan pengetahuan dan keterampilan di antara mahasiswa. Bobot SKS dan waktu pelaksanaan yang hanya satu semester juga menjadi masalah dalam mempertimbangkan pendekatan pembelajaran kontrapung yang relevan dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami relevansi dan efektivitas penyederhanaan kaidah strict counterpoint sebagai pendekatan pembelajaran kontrapung. Pendekatan studi kasus digunakan untuk mempelajari proses dan hasil pembelajaran, terutama bagi mahasiswa di luar peminatan Komposisi Musik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyederhanaan kaidah strict counterpoint sebagai pendekatan pembelajaran memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk menerapkan kontrapung dalam komposisi musik. Sebagian besar mahasiswa dapat mengikuti pembelajaran dengan antusias karena adanya aktivitas kreatif yang terarah namun lentur. Pendekatan pembelajaran ini berhasil membuat mahasiswa di luar peminatan Komposisi Musik mampu menyusun sebuah invention dengan baik dan benar sebagai puncak sub capaian pembelajaran Mata Kuliah Kontrapung.
Kata Kunci: Strict counterpoint, pendekatan pembelajaran kontrapung, kontrapung spesies, kontrapung Bach
Referensi
Artikel Jurnal
Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia . Syntax Literate; Jurnal Ilmiah indonesia, 2(Vol. 2 No. 6 (2017): Syntax Literate; Jurnal Ilmiah indonesia).
Gauldin, R. (1993). Fux to Bach: Bridging the Gap. Indiana Theory Review, 14(2), 45–72.
Laksono, Y. T., Prasetyo, A. J., & Yurisma, D. Y. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Fruity Loops Untuk Meningkatkan Pembelajaran Mata Kuliah Tata Suara. VIRTUOSO (Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik), 1(2).
Marlowe, S. (2016). Counterpoint in the Classroom: Pedagogical Considerations and a Detailed Review of Two Textbooks. Dalam Journal of Music Theory Pedagogy (Vol. 30, Nomor 6).
Nainggolan, O. T. P., & Jatmika, O. B. (2020). Efektivitas Pembelajaran Kontrapung Menggunakan Species Counterpoint. Promusika, 8(2).
Nainggolan, O. T. P., & Jatmika, O. B. (2021). Species Counterpoint: Pendekatan Dalam Pembelajaran Kontrapung. VIRTUOSO (Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik), 4(1).
Rothgeb, J. (1975). Strict Counterpoint and Tonal Theory. Journal of Music Theory, 19(2), 260–284.
Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1).
Stevens, D. B. (2016). Twenty Questions: An Introduction to Counterpoint, Linear Analysis, and Dissonance Treatment. Journal of Music Theory Pedagogy, 30.
Buku
Collins, J. (2012). Counterpoint and How to Use It in Your Music. Echo Pier Publishing.
Ganap, V., & Prier, K.-E. (2022). Ilmu Kontrapung (2 ed.). Pusat Musik Liturgi.
Nizam, Partiwi, S. G., Wulandari, D., Cahyono, E., Kusumawardani, S. S., Arifin, S., Hertono, G. F., Wiyanto, Ishaq, Syam, N. M., WY, H. J., Putra, P. H., Rahmawati, A., Fajri, F., Pangaribowo, A., Zuliansyah, A., Julyan, B. S., & Yulianto, Y. (2023). Panduan Implementasi Pembelajaran Berpusat Pada Mahasiswa. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi .
Pribadi, B. (2010). Model Desain Sistem Pembelajaran. Dian Rakyat.
Rianto, P. (2020). Modul Metode Penelitian Kualitatif (1 ed.). Penerbit Komunikasi UII.
Sagala, J. M. (2020). Kurikulum 2020 Program Studi Sarjana Seni Musik Fakultas Seni Universitas Universal.
Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Stein, L. (1979). Structure & Style: The Study and Analysis of Musical Forms (Expanded Edition) (Expanded). Summy-Birchard Music.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif) (3 ed.). Alfabeta.
Tenney, J. (1988). A History of “Consonance” and “Dissonance.” Excelsior Music Publishing Co.
Bunga Rampai
Tsubonou, Y., Tan, A.-G., & Oie, M. (2019). Creativity in the Twenty First Century Creativity in Music Education (Y. Tsubonou, A.-G. Tan, & M. Oie, Ed.). Springer Nature Singapore Pte Ltd.
Skripsi, Thesis, Disertasi, dan Laporan Penelitian
Weale, T., & Seitzer, J. (2003). EVOC: A Music Generating System using Genetic Algorithms.
Audio/Video
Evellyn. 2023. Invention.
Wawancara
Sagala, J. M. (2020). Pembelajaran Kontrapung dalam Kurikulum 2020 Program Studi Sarjana Seni Musik Fakultas Seni Universitas Universal.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Yayi Wira Pamungkas, Friska Br Sinaga
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.