PENGARUH BIG DATA DAN INTERNET OF THINGS PADA EFEKTIVITAS PEMASARAN ONLINE (Studi Pada Pelanggan Netflix di Kota Batam)

Authors

  • Mochammad Nugraha Reza Pradana Universitas Universal
  • Dinda Ratna Putri Liani
  • Justin Yang
  • Yeocelin Cendy Susanti
  • Throne Amazon Tanamas
  • Mark Edison Kho

Keywords:

big data, internet of things, efektivitas pemasaran online

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana implementasi Big Data dan Internet of Things (IoT)
meningkatkan efektivitas pemasaran online Netflix di Indonesia. Data diambil dari 112
pelanggan aktif Netflix melalui kuesioner online dengan skala Likert dan dianalisis
menggunakan metode regresi. Hasil menunjukkan bahwa Big Data dan IoT berpengaruh
terhadap efektivitas pemasaran online. Analisis regresi menunjukkan Big Data dan IoT
berpengaruh signifikan pada efektivitas pemasaran online. Sebesar 65% efektivitas pemasaran
online dipengaruhi oleh Big Data dan IoT dengan pengaruh Big Data yang lebih dominan.
Penelitian ini juga membuktikan bahwa implementasi Big Data dan IoT membantu Netflix
menarik kalangan Generasi Z

Published

31-05-2025