PENGARUH BIG DATA DAN INTERNET OF THINGS PADA PEMASARAN ONLINE

Penulis

  • Mochammad Nugraha Reza Pradana Universitas Universal
  • Dinda Ratna Putri Liani
  • Justin Yang
  • Yeocelin Cendy Susanti
  • Throne Amazon Tanamas
  • Mark Edison Kho

Kata Kunci:

big data, internet of things, efektivitas pemasaran online

Abstrak

Penelitian ini mengkaji bagaimana implementasi Big Data dan Internet of Things (IoT) meningkatkan efektivitas pemasaran online Netflix di Indonesia. Data diambil dari 112 pelanggan aktif Netflix melalui kuesioner online dengan skala Likert dan dianalisis menggunakan metode regresi. Hasil menunjukkan bahwa Big Data dan IoT berpengaruh terhadap efektivitas pemasaran online. Analisis regresi menunjukkan Big Data dan IoT berpengaruh signifikan pada efektivitas pemasaran online. Sebesar 65% efektivitas pemasaran online dipengaruhi oleh Big Data dan IoT dengan pengaruh Big Data yang lebih dominan. Penelitian ini juga membuktikan bahwa implementasi Big Data dan IoT membantu Netflix menarik kalangan Generasi Z

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-31