Evaluasi Penggunaan E-Learning Universitas Universal Mobile Dengan Metode Goal Directed Design
Kata Kunci:
Goal Directed Design, Mobile, System Usability Scale, User InterfaceAbstrak
Universitas Universal saat ini telah memiliki aplikasi E-Learning berbasis website yang dapat diakses oleh pemilik akun melalui mobile device maupun desktop. Namun setelah diberikan beberapa kuesioner kepada responden terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki dalam aplikasi E-Learning versi mobile. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat usability dan efektifitas desain antarmuka pada E-Learning UVERS versi mobile. Metode yang digunakan adalah metode Goal Directed Design. Penelitian ini juga dilakukan menggunakan teknik perhitungan System Usability Scale (SUS) untuk mengukur tingkat usabilitynya. Hasil penelitian ini adalah desain rancangan antarmuka yang dibuat berdasarkan tahapan-tahapan dalam metode Goal Directed Design yaitu research, modelling, requirement, framework dan refinement. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan tingkat usability pada desain rancangan antarmuka yang baru dari skor rata-rata 78 menjadi 85 dan mendapatkan kriteria acceptable pada acceptability ranges, terdapat pada Grade B, dan kriteria excellent pada adjective ratings yang sebelumnya hanya mendapatkan kriteria acceptable pada acceptability ranges, terdapat pada Grade C, dan kriteria good pada adjective ratings.
Referensi
Y. G. Pramesti, W. Murtini, and Susantiningrum, “Pelaksanaan Pembelajaran E-Learning Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Kelas Xi Smk Negeri 5 Sukoharjo,” vol. 26, no. 1, pp. 25–36, 2021, doi: 10.20961/jkb.v26i1.46537.
R. Rachman, “Analisa Kesuksesan E - Government LAPOR dengan Model Delone - Mclean pada Pengembangan Smart City,” J. Sist. Inf., vol. 10, no. 2, pp. 357–368, 2021.
Y. Maulana, “Evaluasi Dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Pengguna Situs Web Jawa Timur Park Group Menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 3, no. 7, pp. 7159–7165, 2019.
D. N. Yastin, H. B. Suseno, and V. Arifin, “Evaluasi Dan Perbaikan Desain User Interface Untuk Meningkatkan User
Experience Pada Aplikasi Mobile Siaran Tangsel Menggunakan Metode Goal Direct Design (Gdd),” J. Tek. Inform., vol. 13, no. 2, pp. 157–170, 2021, doi: 10.15408/jti.v13i2.18479.
R. Dwi et al., “PEMBANGUNAN APLIKASI HASIL BRIEFING,” vol. 1, no. 1, pp. 9–13, 2021.
F. W. Kardbri, D. D. J. Suwawi, “Perancangan User Interface Fitur San Class Untuk Guru Pada Aplikasi Sanedu Menggunakan Metode Goal-directed Design,” eProceedings, vol. 8, no. 1, pp. 836–851, 2021.
D. Elva, Y. Priyadi, M. Adrian, and U. Telkom, “Perancangan User Interface dalam Bentuk Mobile Application untuk Aplikasi Inventory dan Finance management bagi UMKM Menggunakan Metode User Centered Design ( UCD )”, vol. 8, no. 5, pp. 11520–11533, 2021.
N. Huda, “Implementasi Metode Usability Testing Dengan System Usability Scale Dalam Penilaian Website Rs Siloam Palembang,” Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 6, no. 1, p. 36, 2019, doi: 10.20527/klik.v6i1.177.
Z. Sharfina and H. B. Santoso, "An Indonesian adaptation of the System Usability Scale (SUS)," 2016 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS), 2016, pp. 145-148, doi: 10.1109/ICACSIS.2016.7872776.
M. Reza, “Pengertian Pembelajaran e-learning Menurut Para Ahli,” www.mandandi.com, 2021. https://www.mandandi.com/2021/02/pengertian-pembelajaran-elearning.html (accessed Dec. 01, 2021)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Candra Kusuma, Charless
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.