PENGEMBANGAN UMKM KULINER DI KOTA BATAM MELALUI TRANSFORMASI KE PLATFORM DIGITAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Keywords:
UMKM, Kuliner, Transformasi Platform Digital, SEO, Revolusi Industri 4.0Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan dan hasil Pengembangan UMKM Kuliner Di Kota Batam melalui Transfomasi Ke Platform Digital Di Era Revolusi Industri 4.0. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data Penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu perencanaan strategi bisnis yang baik termasuk SDM dan penerapan SEO sebagai salah satu alternatif strategi digital marketing pada bisnis usaha UMKM Kuliner di Kota Batam, sehingga bisnis tersebut mampu meningkatkan kinerja financial ke arah yang lebih baik, hal ini sudah terbukti pada bisnis kuliner café yang sifatnya modern, namun hal ini bleum diterapkan pada bisnis kuliner yang sifatnya tradisional atau pedagang kaki lima. Sehingga pengembangan UMKM kuliner di Kota Batam menyongsong era digitalisasi masih belum sepenuhnya bisa terlaksana, karena belum semuanya siap dan mampu untuk menerapkannya dikarenakan mindset, peralatan, dan faktor Sumber Daya Manusianya yang masih kurang siap dalam menghadapi era digitalisasi khususnya Bisnis Kuliner yang sifatnya tradisional atau pedagang kaki lima.