PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO DI MASA PANDEMI (Studi pada UMKM)
Kata Kunci:
manajemen risiko, UMKM, pandemiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penerapan manajemen risiko mulai dari tahap pengidentifikasian risiko, pengelolaan risiko hingga pengendalian risiko oleh UMKM pada umumnya di masa pandemi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, literatur review dengan sumber data berasal dari jurnal nasional bereputasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa di masa pandemi UMKM memiliki risiko produk, pemasaran dan promosi, serta keuangan. Dalam pengelolaan manajemen risiko UMKM memiliki solusi seperti inovasi-inovasi pemasaran berbiaya rendah yang mempu mempertahankan jumlah penjualan, menghitung penyusutan setiap aset yang dimiliki serta imbal hasil investasi usaha terkait inflasi dan biaya produksi. UMKM seharusnya mengendalikan risiko agar mampu bertahan di masa pandemi dengan bantuan asuransi, mengasah kemampuan untuk melihat peluang, melakukan marketing seluas-luasnya dengan bantuan sosial media ataupun marketlplace.