ANALISIS PERCEPTUAL MAPPING PADA DUA KLINIK PERAWATAN WAJAH DAN KULIT BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN MENGGUNAKAN MDS
Kata Kunci:
Perceptual Mapping, Persepsi Konsumen, MDS(Multidimensional Scaling), 8PAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan persepsi tiap atribut dari dua klinik kecantikan dan atribut yang menjadi keunggulan dari kedua klinik kecantikan di yaitu Natasha Clinic Centre dan NaavaGreen Skin Clinic Centre. Penelitian ini menggunakan atribut 8P pemasaran jasa terpadu sebagai alat ukur antara lain : Product, Place, Process, Productivity, Participants, Promotion, Price dan Physical Evidence. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 120 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner online melalui Google docs. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah MDS (Multidimensional Scalling) menggunakan aplikasi SPSS 22, yang akan memberikan gambaran persepsi tiap atribut yang tersaji dalam Perceptual Map. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Natasha Clinic Centre dipersepsikan unggul ada atribut Product dan NaavaGreen Skin Clinic Center dipersepsikan unggul pada atribut Promotion dan Price.