ANALISIS BERBAGAI STRATEGI UMKM DALAM MENGHADAPI DIGITALISASI BESERTA IMPLIKASINYA

Penulis

  • Kharisma Austin Makaba Universitas Universal
  • Yossi Maitrina Universitas Universal

Kata Kunci:

Digitalisasi, UMKM, Systematic Literature Review(SLR)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis mengenai strategi terbaik apa saja yang dapat digunakan oleh UMKM di Indonesia dalam menghadapi digitalisasi dan implikasi digitalisasi yang dialami oleh umkm dalam hal ini merujuk pada efek ataupun dampak yang positif. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode systematic literature review(SLR) , yang mana metode ini akan memungkinkan peneliti untuk melakukan pemetaan dan evaluasi pengetahuan terhadap subjek yang diteliti dan memberikan kondisi yang konsisten untuk didefinisikan terhadap pertanyaan penelitian yang sedang diteliti. Hasil analisis berdasarkan SLR ketahui bahwa 2 strategi yang paling banyak disarankan yaitu menggunakan media sosial dalam kegiatan pemasarannya dan juga memperluas usahanya dengan mulai menggunakan E-commerce, selain itu didapatkan juga bahwa implikasi dari digitalisasi terdapat 10 yang dirasakan oleh konsumen, diantaranya yang paling banyak disampaikan yaitu bahwa transformasi UMKM ke arah digitalisasi membuat UMKM lebih mudah untuk menjangkau konsumen, meningkatkan kinerja pemasaran dan meningkatkan penjualan dan keuntungan UMKM. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SLR, dapat disimpulkan bahwa pengembangan strategi digitalisasi merupakan upaya penting dalam meningkatkan keberlanjutan UMKM di Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30