Analisis Bentuk Penyajian Tari Dalam Tambourine Fireworks in the Heavenlies Shacha Ministry International

Penulis

  • Dameria Panjaitan Universitas Universal
  • Widyanarto Universitas Universal

Kata Kunci:

Tamborin, Keagamaan, Rasa Syukur

Abstrak

Tari tamborin merupakan tarian keagamaan yang menjunjung kepada sang pencipta melalui berbagai bentuk kesenian, seperti tarian tamborin dan juga banners. Tarian tamborin ini merupakan salah satu bentuk karya tari yang dikoreografikan oleh Margaret yap . dan tamborin ini juga termasuk jenis alat musik perkusi dengan selaput sama dengan drum tetapi dengan perkembangan zaman tamborin sekarang banyak juga dari hologram. Tamborin bukanlah alat musik yang dimainkan dengan sendiri tetapi dimainkan dengan berkelompok karena akan menghasilkan melodi. tamborin juga adalah alat musik yang banyak penari gunakan dalam mengekspresikan dan meningkatkan koreografi tertentu. Metode digunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data yang diperoleh dengan studi pustaka, wawancara dengan nara sumber. Melalui rangkaian analisis koreografis ini akan di pelajari tentang tarian tamborin, wujud musik, penataan rias dan busana bahkan pentas tari. Analisa gerak dalam bentuk dan teknik tari Tamborin dalam mewujudkan sifat rasa bersyukur kepada Sang Pencipta yang dimanifestasikan melalui gerakan tarian dalam bentuk penyajian tari.

Referensi

Artikel Jurnal

Ellenawati, W. (2020). Bentuk Penyajian Tari Tambourine Dalam Ibadah Raya Gereja JKI Keluarga Kerajaan Salatiga.

ministry, S. (2016). Shachah worship,word,warfare.

Smith, J. (1985). Komposisi Tari sebuah Petunjuk Praktis Bagi guru.

Skripsi, Thesis, Disertasi, dan Laporan Penetian

Marpaung, H. (2009). Deskripsi Tari Tamborin Dan Musik Pengiring Pada Ibadah Raya Gereja Bethel Indonesia Tanjung Sari Medan.

Buku

Yap, M. (2016). Bersorak-soraklah bagi Tuhan.

Hadi, Y. (2007). Kajian Tari Teks dan Konteks. p. 45.

Hadi, Y. S. (2011). Antropologi Tari. p. 67.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-30

Cara Mengutip

Panjaitan, D., & Widyanarto. (2023). Analisis Bentuk Penyajian Tari Dalam Tambourine Fireworks in the Heavenlies Shacha Ministry International. Human Art’sthetic Journal, 1(1), 23–39. Diambil dari https://journal.uvers.ac.id/index.php/haj/article/view/105

Terbitan

Bagian

Articles