Pemanfaatan Switch Button Dalam Konversi Sistem Bilangan Biner ke Desimal Untuk Media Pembelajaran

Penulis

  • Yuni Roza Universitas Universal
  • Musliadi KH Universitas Universal
  • Yonky Pernando Universitas Universal

Kata Kunci:

Arduino, switch button, digital number system, learning method

Abstrak

Teknologi komputer merupakan ilmu yang berhubungan dengan komputasi, salah satu komputasinya berupa sistem bilangan. Sistem bilangan dapat berupa bilangan biner, oktal, desimal dan hexa desimal. Secara harfiah, teknologi komputer hanya bekerja dengan bahasa mesin yaitu 1 dan 0. Untuk mempelajari konsep kerja dari proses konversi bilangan dari biner menjadi bilangan desimal, diperlukan simulasi atau percangan prototipe sederhana. Apa lagi jika ingin mengetahui konfigurasi perangkat hingga penerapan logika algoritama konversi, tentu memerlukan media sebagai alat bantu. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka diperlukan perancangan aplikasi memanfaatkan switch button dalam konversi sistem bilangan biner dan desimal untuk media pembelajaran. Konsep perancangan yang digunakan menerapkan pendekatan model extreme programming yang disederhanakan menjadi empat bagian, yakni: perencanaan, pengembangan, pengujian dan kesimpulan. Hasil pembuatan aplikasi dan evaluasi yang dilakukan setelah melakukan pengujian secara internal untuk mengetahui semua fungsi komponen inputan menunjukkan bawah semua komponen dari aplikasi tersebut berfungsi  sebagaimana yang diinginkan.

Referensi

A. Prajuhana Putra, Buku Ajar Sistem Digital 1, 1st ed. Flash, 2019.

A. A. Jiwa Permana and K. Setemen, Sistem Operasi, 1st ed. Pt. Rajagrafindo Persada, 2022.

A. Jurnal Publikasi et al., “PENGENALAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER MENGGUNAKAN GAME TEBAK GAMBAR BERBASIS WEB DI RUMAH BACA RAKUS,” vol. 1, no. 3, pp. 360–365, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/AJP/index360

E. Graciela and M. Taran, “PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN MOTIVASI TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (Studi Kausal terhadap Guru TK Se-Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai NTT),” Jan. 2019.

M. Kh and Y. Pernando, “Perancangan Prototype Alat Penghapus Papan Tulis Otomatis Dengan Koneksi Bluetooth,” 2022.

H. Andrianto and A. Darmawan, ARDUINO BELAJAR CEPAT DAN PEMROGRAMAN, 2nd ed. Bandung: INFORMATIKA, 2021.

B. P. Sitorus, M. Kom, and A. Tahyudin, “RANCANG BANGUN ALAT MEMBERI PAKAN IKAN LELE OTOMATIS BERBASIS ARDUINO UNO,” 2018.

Y. Pernando and Y. Roza, “Perancangan Prototype Kapal Untuk Monitoring Sensor Ultrasonik”.

S. W. Damanik and J. S. Seleky, “PENERAPAN METODE INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE (The Application of Interactive Methods to Improve Student’s Activeness in the Online Learning).” [Online]. Available: https://magestic.unej.ac.id/

Unduhan

Diterbitkan

19-01-2024

Cara Mengutip

Roza, Y., KH, M., & Pernando, Y. (2024). Pemanfaatan Switch Button Dalam Konversi Sistem Bilangan Biner ke Desimal Untuk Media Pembelajaran. Journal of Digital Ecosystem for Natural Sustainability, 4(1), 1–5. Diambil dari https://journal.uvers.ac.id/index.php/jodens/article/view/196