Optimalisasi Distribusi BBM di Bengkulu Menggunakan Analytical Network Process and Metode CF-RS

Penulis

  • Muhamad Yasin Universitas Bengkulu
  • Rama Dani Eka Putra Universitas Bengkulu
  • Tessa Zulenia Fitri Universitas Bengkulu
  • Nia Arfina Foci Universitas Bengkulu
  • M. Arif Munanda Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.63643/jges.v3i1.300

Kata Kunci:

fuel distribution, analytical network process, cluster first route second method

Abstrak

Kelangkaan BBM di Provinsi Bengkulu telah terjadi dalam beberapa hari terakhir. Bahkan, harga di tingkat eceran telah melonjak hingga Rp30.000 per liter. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan distribusi BBM di Bengkulu yang telah dijelaskan sebelumnya dan memberikan solusi optimal menggunakan Metode Analytical Network Process dan Metode Cluster First Route Second (CFRS). sehingga penentuan rute terdekat adalah Truk Tangki 11 dengan rute Terminal BBM Lubuklinggau - SPBU 6 Kota Bengkulu - Terminal BBM Lubuklinggau dengan jarak 234 KM dan rute terjauh adalah Terminal BBM Lubuklinggau - SPBU 11 - SPBU 3 - Terminal BBM Lubuklinggau.

Referensi

M. R. Hidayatullah, "Pertamina Ungkap Penyebab BBM di Bengkulu Langka," Bisnis.com, 27 Mei 2025. [Online]. Available: https://ekonomi.bisnis.com/read/20250527/44/1880437/pertamina-ungkap-penyebab-bbm-di-bengkulu-langka

T. L. Saaty, Decision Making with Dependence and Feedback: The Analytic Network Process. RWS Publications, 1996.

T. L. Saaty and L. G. Vargas, Models, Methods, Concepts & Applications of the Analytic Hierarchy Process. Springer, 2001.

J. L. Yang and D. S. Chang, "Integrating the ANP and TOPSIS for selecting the optimal outsourcing strategy," Journal of Global Business Management, vol. 4, no. 2, pp. 114–122, 2008.

T. L. Saaty, Theory and Applications of the Analytic Network Process: Decision Making with Benefits, Opportunities, Costs, and Risks. RWS Publications, 2005.

G. Laporte, M. Gendreau, J.-Y. Potvin, and F. Semet, "Classical and modern heuristics for the vehicle routing problem," International Transactions in Operational Research, vol. 7, no. 4–5, pp. 285–300, 2000.

B. Golden, S. Raghavan, and E. Wasil, Eds., The Vehicle Routing Problem: Latest Advances and New Challenges. Springer, 2008.

I. H. Osman and N. Christofides, "Capacitated clustering problems by hybrid simulated annealing and tabu search," International Transactions in Operational Research, vol. 1, no. 3, pp. 317–336, 1994.

P. Toth and D. Vigo, The Vehicle Routing Problem. SIAM, 2002.

D. B. Pailin and F. M. Kaihatu, "Implementasi Metode Saving Matrix Dalam Penentuan Rute Terbaik Untuk Meminimumkan Biaya Distribusi," ARIKA, vol. 12, no. 2, Aug. 2018.

B. S. Kusnadia and W. A. S., "Implementasi Metode Analytic Network Process Untuk Penentuan Prioritas Penanganan Jalan Berdasarkan Tingkat Pelayanan Jalan," Jurnal Sistem Informasi Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 105–113, 2016, doi: 10.21456/vol6iss2pp105-113.

K. A. M. and A. E., "Penentuan Jalur Distribusi Gas LPG dengan Metode Savings Matrix dan Nearest Neighbor pada PT. XYZ," Jurnal Rekayasa Industri (JRI), 2022.

S. A. T., B. P., and E. N., "Penerapan Metode Saving Matrix Dalam Meminimumkan Biaya Distribusi," Buletin Ilmiah Math. Stat. dan Terapannya (Bimaster), vol. 13, no. 4, pp. 543–552, 2024.

I. M. J. A. and O. S. S., "Aplikasi Metode Analytical Network Process (ANP) Dalam Penentuan Prioritas Pengembangan Lanal (Pangkalan TNI AL) Menjadi Lantamal (Pangkalan Utama TNI AL)," 2017. [Online]. Available: https://sttal.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/JURNAL-materi-3

J. Sutrisno, J. A. Jauhari, and P. Audi, "Business Process Improvement Rute Distribusi Menggunakan VRP dengan Pendekatan Strategi Cluster First Route Second (Studi kasus CV Bintang Globalindo Karawang)," vol. VIII, no. 2, pp. 5543–5552, Apr. 2023.

Diterbitkan

30-09-2025

Cara Mengutip

[1]
M. Yasin, R. D. E. Putra, T. Z. Fitri, N. A. Foci, dan M. A. Munanda, “Optimalisasi Distribusi BBM di Bengkulu Menggunakan Analytical Network Process and Metode CF-RS”, Greeners, vol. 3, no. 1, hlm. 12–17, Sep 2025.