PENCIPTAAN TEATRIKAL JAS MERAH NUSANTARA DALAM MEMBANGUN KREATIVITAS DAN RUANG KOLABORASI SISWA

Penulis

  • Yussi Ambar Sari Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Kata Kunci: Teatrikal, Kemerdekaan, Proses Pembelajaran.

Abstrak

Karya teatrikal berjudul Jas Merah Nusantara merupakan singkatan dari Jangan Sekali-Sekali Melupakan Sejarah Nusantara. Karya  ini bertujuan sebagai pengingat kepada generasi berikutnya bahwasanya negara kita memiliki masa lalu yang cukup tragis, dimana bangsa kita dahulu pernah dijajah dan akhirnya bisa merasakan kemerdekaannya. Kemerdekaan tidak terlepas dari perjuangan para pahlawan yang rela mengorbankan banyak hal demi mencapai kemerdekaan. Karya teatrikal ini melibatkan siswa dan siswi di lingkungan SMKN 1 Sumbawa, yang mayoritas mengikuti kegiatan ekstrakurikuler teater dan tari. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif yang merupakan hasil penelitian diperoleh melalui tulisan, bahasa, dan kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang dapat memberikan penjelasan. Metode Pembelajaran teatrikal menjadi pendekatan yang menarik dan inovatif. Metode ini diharapkan dapat mendorong kreativitas, kolaborasi, pengembangan berbagai keterampilan. Proses pembelajaran teatrikal ini terbagi menjadi tiga, yaitu acting, singing, and dancing.  

Kata Kunci: Teatrikal, Kemerdekaan, Proses Pembelajaran.

Referensi

Buckwalter, Melinda. 2010. Composing While Dancing: an improviser’s companion. The University of Wisconsin Press.

Danesi, Marcel. (2012). Pesan, Tanda dan

Makna, Yogyakarta: Jalasutra.

Darmaprawira, Sulasmi. 2002. Warna,

Teori dan Kreativitas Penggunaannya, Bandung: ITB.

Hadi, Y. Sumandyo. 2003. Aspek-aspek Dasar Koreografi Kelompok. Yogyakarta: eLKAPHI.

Hawkins, Alma M. 1990. Creating Through Dance terjemahan Y. Sumandiyo Hadi. 2003. Mencipta Lewat Tari.Yogyakarta: Institut Seni Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-28

Cara Mengutip

Sari, Y. A. (2024). PENCIPTAAN TEATRIKAL JAS MERAH NUSANTARA DALAM MEMBANGUN KREATIVITAS DAN RUANG KOLABORASI SISWA. Human Art’sthetic Journal, 2(2), 13–20. Diambil dari https://journal.uvers.ac.id/index.php/haj/article/view/228